Red Tape dalam Pelayanan Publik
Abstract
Red tape sendiri dapat diartikan sebagai regulasi atau prosedur administratif yang berbelit-belit dan memakan waktu yang lama dalam melaksanakan suatu kegiatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library search), yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data Pustaka. Studi pustaka digunakan dengan mengumpulkan data-data yang ada kemudian memahami dari setiap kesimpulan dan mengambil sumber-sumber data tersebut untuk dijadikan literatur dan referensi dalam memahami dan menganalisa penelitian. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa permasalahan red tape dalam pelayanan publik adalah masalah yang kompleks dan memerlukan pendekatan holistik untuk mengatasi. Reformasi sistem pelayanan publik dan adopsi prinsip-prinsip manajemen berorientasi pada hasil, serta partisipasi masyarakat dalam proses perbaikan pelayanan publik, dapat membantu mengatasi permasalahan red tape dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.
References
Cohen, S. (2017). Red tape: An obstacle to effective governance. Public Administration Review, 77(6), 846-856.
Dijkstra, L., & Hanegraaff, M. (2018). Reducing Red Tape: A Review of the Literature. Public Management Review, 20(5), 643-660.
Hood, C. (1991). A Public Management for All Seasons?. Public Administration, 69(1), 3-19.
Kurniawan, T., & Kusumasari, B. (2020). Reducing Bureaucratic Red Tape through the Integration of e-Government and Good Governance. International Journal of Public Administration, 43(12), 1087-1098.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Rosenbloom, D. H. (2018). Public Administration: Understanding Management, Politics, and Law in the Public Sector. McGraw-Hill Education.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach. John Wiley & Sons.
Tendean, M. (2015). Pengaruh Red Tape dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 263-272.
Van Dooren, W., Bouckaert, G., & Halligan, J. (2015). Performance Management in the Public Sector. Routledge.
Copyright (c) 2023 Amiruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.