Patologi Birokrasi dalam Pelayanan Publik

  • Djamil Hasim IISIP Yapis Biak
Keywords: Patologi, Birokrasi, Pelayanan Publik.

Abstract

Patologi birokrasi seperti korupsi dan penyalahgunaan wewenang dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan merusak legitimasi institusi pemerintah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library search), yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data Pustaka. Studi pustaka digunakan dengan mengumpulkan data-data yang ada kemudian memahami dari setiap kesimpulan dan mengambil sumber-sumber data tersebut untuk dijadikan literatur dan referensi dalam memahami dan menganalisa penelitian. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa patologi birokrasi dalam pelayanan publik adalah masalah yang kompleks dan memerlukan upaya bersama dari pemerintah, masyarakat, dan para peneliti untuk mengatasi masalah tersebut. Birokrasi yang lambat, korupsi, dan ketidaktransparan dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan, serta mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan merusak legitimasi institusi pemerintah.

References

Adi, S. P., & Sutrisno, T. (2018). Reformasi Birokrasi dan Kepemimpinan di Era Digital. Journal of Public Administration and Governance, 8(3), 230-239.
Aji, M. P. (2019). Partisipasi Publik dalam Pengambilan Keputusan Pemerintah: Studi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(2), 72-83.
Firdausy, C. (2019). Patologi Birokrasi dalam Pelayanan Publik: Telaah Konsep dan Dampaknya. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 129-140.
Junaedi, A., Mubarok, H., & Mardiyah, N. (2020). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Birokrasi Publik Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8(2), 55-65.
Kurniawan, T. (2021). Patologi Birokrasi: Akar Permasalahan Birokrasi di Indonesia. Jurnal Manajemen Publik dan Bisnis, 8(1), 27-36.
Mulyana, D., & Prabowo, H. (2020). Efektivitas Reformasi Birokrasi pada Sektor Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8(1), 33-44.
Nurkholis, M. (2019). Partisipasi Publik dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 11(2), 133-143.
Rofiq, A. (2018). Birokrasi dan Reformasi Birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 6(1), 1-10.
Sari, N. N., & Nurcahyo, B. (2018). Kajian Patologi Birokrasi dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 25(2), 95-107.
Wahyuni, E., & Yanto, H. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Birokrasi Pemerintahan Daerah. Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Lokal, 3(1), 1-12.
Published
2023-04-09
How to Cite
Hasim, D. (2023). Patologi Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Journal Governance and Politics (JGP), 3(1), 10-13. Retrieved from https://www.e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/283
Abstract viewed = 7280 times
pdf downloaded = 13071 times