PERSONAL BRANDING ALFIANSYAH KOMENG DALAM KAMPANYE PEMILU SERENTAK 2024

  • Muhamad Fatkhul Hidayat Sains Komunikasi FISIP Universitas Djuanda
  • Muhamad Luthfie Sains Komunikasi FISIP Universitas Djuanda
  • Maria Fitriah Sains Komunikasi FISIP Universitas Djuanda
Keywords: Personal Branding, Pemilu Serentak 2024, Kampanye Politik

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya personal branding dalam kampanye Pemilu Serentak 2024, dengan fokus pada Alfiansyah Komeng, seorang komedian yang mencalonkan diri sebagai anggota DPD Jawa Barat. Pemilih muda dari generasi milenial dan generasi Z leboh responsif terhadap kampanye berbasis digital sehingga berdampak pada personal branding. Pemilih muda memiliki karakteristik unik dalam menyerap informasi politik sehingga personal branding dapat menarik perhatian mereka. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis personal branding Alfiansyah Komeng, mencakup aspek kompetensi, gaya, dan standar personal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kabupaten Bogor. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui survei kuesioner online dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta interpretasi data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Alfiansyah Komeng dinilai sangat baik oleh mahasiswa. Kompetensi, gaya, dan standar personalnya dipandang positif, mencerminkan citra yang menarik bagi pemilih muda. Implikasi temuan ini adalah bahwa personal branding berbasis digital dan otentik berperan penting dalam menarik dukungan generasi muda. Penelitian ini menyarankan calon legislatif di masa mendatang lebih aktif membangun personal branding yang konsisten melalui media sosial.

References

Abrar, A. N. (2020). Tinjauan Konstruksi Sosial Atas Nasionalisme Net Generation. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 17(1), 75–90.

Ahmad, A. (2012). Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi: Akar Revolusi Dan Berbagai Standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137–149.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.

Hadjira, S., & Suranto, S. (2023). Personal Political Branding: Strategi Kampanye Ganjar Pranowo Untuk Pilpres 2024 di Social Media Twitter. Jurnal Komunikatif, 12(2), 181–199.

Handayani, N. M. A. P., Putri, P. W., & Juniantari, M. R. (2023). Peran Generasi Z Sebagai Wadah Pelestarian Budaya dan Lingkungan Dalam Mewujudkan Indonesia Emas. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (Vol. 3, pp. 164–172). Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Hartanto, F. M. (2018). Paradigma baru manajemen Indonesia: Menciptakan nilai dengan bertumpu pada kebajikan dan potensi insani (Cet. 1.). Bandung: Mizan Media Utama.

Heriana, I. (2024). Pemilu 2024: Gen Z dan Milenial Sumbang 55 persen Suara, Ini Faktanya—Kompasiana.com. Kompasiana. Kompasiana.com. Retrieved December 31, 2023, from https://www.kompasiana.com/ibnuhamdunheriana2970/65d5db3312d50f66c83c1c05/pemilu-2024-gen-z-dan-milenial-sumbang-55-persen-suara-ini-faktanya

Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Permana, R. H. (2024). Perolehan suara anies-prabowo-ganjar versi hasil resmi KPU dan survei. Detiknews. detikcom. Retrieved January 1, 2024, from https://news.detik.com/pemilu/d-7253410/perolehan-suara-anies-prabowo-ganjar-versi-hasil-resmi-kpu-dan-survei#:~:text=Sebagaimana%20diketahui%2C%20KPU%20telah%20menetapkan%20Prabowo-Gibran%20sebagai%20pemenang

Raharjo, F. S. (2020). The Master Book of Personal Branding: Seni Membangun Merek Diri dengan Teknik Berbicara. Anak Hebat Indonesia. Anak Hebat Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=Sh7zDwAAQBAJ

Rifai, M. H. (2018). Mengenal Generasi Milineal Guna Kesiapan Tenaga Pendidik Dan Dosen Di Indonesia. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 134–143.

Romadhan, M. I. (2018). Personal Branding Jokowi Dalam Mempertahankan Brand Image Melalui Video Blog Youtube. MetaCommunication: Journal Of Communication Studies, 3(2), 76–93.

Saputra, A. (2024). Lolos ke senayan, perolehan suara verrell bramasta kalahkan sejumlah caleg incumbent. Liputan6.com. Liputan6. Retrieved January 1, 2024, from https://www.liputan6.com/showbiz/read/5553284/lolos-ke-senayan-perolehan-suara-verrell-bramasta-kalahkan-sejumlah-caleg-incumbent

Silaban, S. I., Dida, S., & Perbawasari, S. (2019). Personal Branding Yulia Baltschun Sebagai Diet Influencer Melalui Youtube. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(2).

Sobariyah, Muawanah, & A’yun, D. S. (2024). Pengaruh Personal Branding Funding Officer Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Produk Pembiayaan Di Pt. Bprs Lantabur Tebuireng Jombang. Indonesian Journal of Economy and Education Economy, 2(1), 207–215.

Sondakh, J., Rembang, J. H. W., & Syahyuti, N. (2021). Karakteristik, Potensi Generasi Milenial Dan Perspektif Pengembangan Pertanian Presisi Di Indonesia. Forum penelitian Agro Ekonomi, 38(2), 155.

Sudaryono. (2021). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Edisi Kedua. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Wulandari, W., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Rasa Nasionalisme pada Generasi Z di Tengah Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7255–7260.

Zahra, A. (2022). Perspektif Mahasiswa terhadap Personal Branding Pejabat Publik di Media Sosial. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(7), 272–280.

Published
2024-10-31
How to Cite
Hidayat, M. F., Luthfie, M., & Fitriah, M. (2024). PERSONAL BRANDING ALFIANSYAH KOMENG DALAM KAMPANYE PEMILU SERENTAK 2024. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 19(2), 176 - 189. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v19i2.409
Abstract viewed = 548 times
PDF downloaded = 227 times