PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BIAK NUMFOR
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui Patologi Birokrasi diDinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Biak Numfor, Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan pada realitas perilaku/penyakit pegawai negri sipil dalam pelayanan public yang disebut (Patologi Birokrasi).
Obyek penelitian di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Biak Numfor, dengan waktu 3 bulan, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Pelayanan public yang dilakukan oleh aparatur pemerintah, bertujuan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat untuk meningkatkan segala aktifitas dilakukan untuk mencapai tujuan. Dari hasil penelitian, bahwa patologi birokrasi dalam pelayanan publik Di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak numfor masih sering terjadi. Yang dapat dilihat dari 3 indikator yang penulis gunakan untuk membuktikan berbagai patologi yang muncul dalam pelayanan publik yang pertama yaitu pengaburan masalah, diskriminasi, dan cara kerja berbelit-belit.
Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir berbagai patologi birokrasi Di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak numfor berdasarkan hasil penelitian dan wawanara penulis dengan informan, yaitu pertama, regulasi ( hukum ) yang tepat dan tegas. Kedua, menciptakan kondisi sosial dan spiritual yang baik. Ketiga, penjelasan-penjelasan yang logis, dan keempat penyederhanaan kerja ( flat organization).