Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Anak Remaja Di Kelurahan Waupnor, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor

  • IRWAN IRWAN
  • Maria Maria
Keywords: Pengaruh, Media Sosial Facebook, Prilaku Anak Remaja

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi dapat membantu manusia untuk berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Salah satu contoh perkembangan teknologi komunikasi yang ada di masyarakat adalah munculnya berbagai media jejaring sosial seperti twitter, facebook, myspace dan friendster. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial facebook terhadap perilaku anak remaja di Kelurahan Waupnor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data mengguanakan metode kuesioner. Adapaun analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data uji z, diketahui nilai z hitung dari variabel terikat sebesar (2,668) . Maka t hitung (2,668) > dari tabel (1,960). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh antara media sosial facebook terhadap perilaku anak remaja di Kelurahan Waupnor.

References

Amanah, Andi Nuraimmah. 2017.“Pengaruh Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Tingkat Kenakalan Remaja di BTN Berlian Permai Kelurahan Tamangapa”. (http://repositori.uin-alauddin.ac.id)[Diakses : 20 April 2018].
Ardianto, Elvinaro. 2004. Komunikasi Massa (Suatu Pengantar). Bandung; Simbiosa Rekatama Media.
Bungin, H.M. Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi. Surabaya: Kencana.
Daryanto, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya :Apollo.
Madcoms. 2010. Facebook, Twitter dan Plurk dalam Satu Genggaman. Yogyakarta: ANDI.
McQuail. 2005. Teori Komunikasi Massa, Terjemahan:Putri Iva Izzati. Jakarta: Salemba Humanika.
Mulyana, Dedy. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung: Remadja Rosdakarya.
Mursito. 2006. Memahami Institusi Media (Sebuah Pengantar). Surakarta: Lindu Pustaka
Notoatmodjo, S. 2007. Promosi kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurudin. 2014. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
Rezky M. 2009. Menjelejajah Internert. Bekasi; Cahaya Pustaka Raga.
Ruslan, Rosady. 2005. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta : RajaGrafindo Persada.
Sarwono, Sarlito W. 2012. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setyani, Novia Ika. 2013. “Penggunaan Media Sosial sebagai sarana komunikasi bagi Komunitas” dalam Jurnal Komunikasi. Surakarta.
Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
Uchjana Effendy, Onong. 1990. Ilmu Komunikasi Teoti dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widiantri Komang Sri dan Herdianto Yohanes Kartika. 2013. ”Perbedaan Intensitas Komunikasi Melalui Jejaring Sosial antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Remaja”, dalam Jurnal Psikologi Udayana. Vol.1, No. 1, Hal. 106-115.
Zarella, D. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta Anggota IKAPI
Published
2019-09-28
Abstract viewed = 1439 times
PDF downloaded = 585 times