EKSISTENSI INSOS BIAK DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Analisis Perjuangan Kelas Kaum Perempuan Di Kabupaten Biak Numfor)
Abstract
Pendidikan sebagai sistem terencana yang memanusiakan manusia agar dapat eksis dalam masyarakat, dan dapat mendorong mobilitas sosial dan perjuangan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis eksistensi insos Biak dalam dunia pendidikan sebagai bentuk perjuangan kelas kaum perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teknik pengumpulan data mengguanakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapaun analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi pendidikan insos Biak di kabupaten Biak Numfor tergolong tinggi begitu juga di duni kerja, ini menujukkan bentuk perjuangan kelas kaum perempuan atau insos biak di kabupaten Biak Numfor.
References
Busyairi, Ahmad, and Bonso Hamjah. 2020. “PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENANGANI KEMISKINAN DI ERA MILENIAL (STUDI KASUS LOKA LATIHAN KERJA UKM KABUPATEN BIAK NUMFOR).” JURNAL NALAR PENDIDIKAN 8(2477–0515):114–23.
Eni Purwati & Hanun Asrohah. 2005. Bias Gender dalam Pendidikan Islam, Surabaya: Alpha.
Haq, Achmad Faisol. 2020. “Gender Dan Emansipasi Perempuan Dalam Pendidikan Islam.” KUTTAB 4(1).
Irawan, Aguk. 2016. Kartini: Kisah yang Tersembunyi. Banten: Javanica.
Maunah, Binti. 2015. “Stratifikasi Sosial Dan Perjuangan Kelas Dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 3(1).
Mansour Fakih, 1996. Analisis Gender & Tranformasi Sosial, Yogyakarta: Putaka pelajar.
Muhammad, Husein. 2014. “Islam Dan Pendidikan Perempuan.” Jurnal Pendidikan Islam 3(2).
Mustikawati, Citra. 2015. “PEMAHAMAN EMANSIPASI WANITA.” Jurnal Kajian Komunikasi 3(1).
Soekarno. 2010. Sarinah. Yogyakarta: Media Pressindo dan Yayasan Bung Karno.