PENGARUH ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMIC COVID 19 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP YPPK BIAK KOTA
Abstract
Virus Corona membawa perubahan diberbagai bidang terutama pada dunia pendidikan, hal ini berpengaruh terhadap pembelajaran diberbagai sekolah dan diberlakukan pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara media pembelajaran selama pandemic covid 19 terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP YPPK Biak Kota. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data mengguanakan metode kuesioner. Adapaun analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP YPPK Biak Kota.
References
Mendikbud RI. 2020. “Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).” Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Basyiruddin, Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.
Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta.
Nurudin. (2004). Sistem komunikasi Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Cangara, Hafied. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Guido. 2018. “Cara Menjumlahkan Angka Pasa SPSS”,
Guido. 2018. “Cara Mencari Mean Median Modus pada SPSS”.
Nugroho Purwosetyo. 2020. “Tutorial SPSS-Cara Input Data Dari Kuesioner ke SPSS”. https://www.youtube.com. (diakses tanggal 19 Juli 2021).
Raharjo Sahid. 2017. “Membuat Tabel Distribusi Frekuensi Dengan SPSS Sangat Mudah”. https://www.youtube.com/watch?v=t2Fus1HmNYA. (diakses tanggal 13 Juni 2021).
Raharjo Sahid. 2017. “Uji t dan Uji F dalam Analisis Regresi Berganda dengan SPSS Lengkap”. https://www.youtube.com/watch?v=7OYkRGcAK1o. (diakses tanggal 18 Juli 2021).