PENGARUH SELEBGRAM TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI IISIP YAPIS BIAK DALAM BERBELANJA ONLINE

  • Cici Susanti
Keywords: Pengaruh Selebgram, Minat Beli Mahasiswa

Abstract

Pada zaman modern ini, masyarakat tidak ingin lagi sesuatu yang sulit dan lebih memilih sesuatu yang instan, cepat dan praktis. Dengan keadaan tersebut sifat konsumerisme manusia mulai muncul dan membuat manusia seakan-akan diperalat oleh teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh selebgram terhadap minat beli Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi IISIP YAPIS Biak dalam berbelanja online. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data mengguanakan angket. Adapaun analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari perhitungan korelasi menunjukan nilai sebesar 0.752 yang berarti pengaruh selebgram terhadap minat beli mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi IISIP Yapis Biak dalam berbelanja online adalah sebesar 75,2% yang mana dapat diartikan bahwa pengaruh selebgram terhadap minat beli mahasiswa cukup tinggi, dan 24,8% pengaruhnya merupakan dari variabel lain yang tidak diteliti.

References

Dahono. Y. 2021. Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. dari Beritasatu.com. ( https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021).
Default, S. 2017. Pengertian Media Massa Menurut Ahli. Dari pakarkomunikasi.com. (https://pakarkomunikasi.com/media-massa-menurut-para-ahli).
Fajarudin, M.N. 2020. Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Malang: Intrans Publishing Group, 2015.
Hadi, I.P., Wahjudianata, M., & Indrayani, I.I. 2021. Komunikasi Massa. Pasuruan : Qiara Media.
Ivony. 2017. 17 Efek Komunikasi Massa Secara Umum. Dari pakarkomunikasi.com. (https://pakarkomunikasi.com/efek-komunikasi-massa).
Ivony. 2017. 20 Pengertian Media Menurut Para Ahli Komunikasi. Dari pakarkomunikasi.com.(https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-menurut-para-ahli).
Nadifa. Firdatun. 2020. “Pengaruh Drama Korea Di Media TV Terhadap Perilaku Mahasiswa IISIP Yapis Biak”. Skripsi S1 Ilmu Komunikasi. IISIP Yapis Biak.
Nugraha, J. 2020. Mengenal Fungsi Komunikasi Massa Beserta Jenis dan Ciri-cirinya, Perlu Dipahami. Dari Merdeka.com. (https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-fungsi-komunikasi-massa-beserta-jenis-dan-ciri-cirinya-perlu-dipahami-kln.html?page=4).
Pebria, A. 2018. Selebgram Jangan (Gagal) Jadi Selebgram. Indonesia : Javapublish.
Prasetio, A.d. 2021. Konsep Dasar E-Commerce. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Pratiwi, A.L. 2016. “Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Pengguna Media Sosial Instagram”. Skripsi S1 Ilmu Komunikasi. UIN Alauddin Makasar.
Prihatiny, N. 2015. Pengertian Media Massa. Dari Kompasiana Beyond Blogging. (https://www.kompasiana.com/nur.amalina22/550069dfa333115c73510b26/pengertian-media-massa).
Putri, G.H., & Patria, B. 2018. “Pengaruh Endorsment Selebrity Instagram Terhadap Minat Beli Remaja Putri”. Yogyakarta : jurnal.ugm.ac.id.
Romli, K. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta : Grasindo.
Yasir. 2020. Pengantar Ilmu Komunikasi Sebuah Pendekatan Kritis dan Komprehensif. Yogyakarta : Deepublish.
Zein, M.F. 2019. Panduan Menggunakan Media Sosial Untuk Generasi Emas Milenial. Indonesia : Mohamad Fadhilah Zein.
Published
2020-09-29
Abstract viewed = 7494 times
PDF downloaded = 3587 times