PERANAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI ERA DIGITAL PADA KELURAHAN KARANG MULIA DISTRIK SAMOFA KABUPATEN BIAK NUMFOR

  • Elon Paul Wabiser
Keywords: Peran Orang Tua, Pembentukan Kepribadian, Era Digital

Abstract

Orang tua sangat memegang peranan penting dalam pembentukan kepribadian anak. Pembentukan kepribadian anak berawal dari peran orang tua dalam keluarga, karena kepribadian perilaku anak sangat mudah terpengaruh dari luar terutama di era digital saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan orang tua dalam pembentukan kepribadian anak di era digital pada Kelurahan Karang Mulia Distrik Samofa Kota Kabupaten Biak Numfor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data mengguanakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapaun analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap perkembangan kepribadian anak dengan indikator peran orang tua sebagai pendidik, peran sebagai pendorong, peran sebagai pendukung, peran sebagai panutan dan peran sebagai pengawas sudah cukup baik dijalankan dengan baik oleh orang tua yang berada di Kelurahan karang Mulia Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor.

References

Aryani, JR. 2013. Peran orang tua dalam melatih kemandirian anak usia prasekolah (3-6 tahun). Skripsi, Sarjana, Universitas Muhammadiyah Ponogoro.
Bachrie, S. 2014. Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: RenikaCipta
Benyamin S, 2003. Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini. PT. Rineksa Cipta.
Bloom dkkAhmadi, Abu, 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Elizabeth B. Hurlock. 1999. Perkembangan Anak.Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Fitri, NM. 2008. Efektifitas pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak usia dini di taman kanak-kanak pembina painan. Jurnal pesonapaud, 1 (1), hlm. 25-31.
Fitrianti Nuranisa Ningrum, 2017KEMANDIRIAN ANAK DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUAUniversitas Pendidikan Indonesia | |perpustakaan.upi.edu
Kadarusmadi, 1996, Upaya Orang tua dalam Menata Situasi Pendidikan dalam Keluarga, Doisertasi, PPS IKIP Malang.
Lisye Salamor, 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Classroom Community Partnership (Ccp) Untuk Peningkatan Kemampuan Kognitif Sosial (Social Cognitive Skills) Peserta Didik Dalam Pembelajaranppkn Pada Siswa Sekolah Dasar.
Miles, B. Mathew & Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP
Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan.Bandung:PT Rosdakarya.
Singgih D. Gunarsa. 1982. Psikologi Untuk Keluarga : PT. BPK Gunung Mulia Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Published
2020-03-30
Abstract viewed = 466 times
PDF downloaded = 1351 times