PERAN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PT. ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA FRANS KAISIEPO BIAK
Abstract
Kegiatan public relation memegang peranan penting dalam menjaga citra sebuah perusahaan. Adapun fungsi public relation adalah membangun hubungan baik antara pihak manajemen interperusahaan dan juga dengan pihak pelanggan atau customer, sehingga tercipta pemahaman dan pengertian yang baik, dengan sasaran agar dapat menumbuhkan citra yang baik terhadap perusahaan itu sendiri. Penerapan program corporate social responsibility adalah terbentuknya kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan, pelaksanaan corporate social responsibility pada dasarnya sama dengan upaya manajemen strategis yang terbagi atas beberapa tahapan yakni perencanaan, implementasi, evaluasi dan pelaporan. Selanjutnya, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehingga analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah peran public relation yang dijalankan humas PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Frans Kaisiepo Biak merupakan aktivitas publikasi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan corporate social responsibility yang telah dilaksanakan oleh staff corporate social responsibility perusahaan. Dalam menyampaikan informasi tersebut, humas perusahaan menggunakan media cetak dan elektronik, tetapi sayangnya setelah peneliti mendapatkan hal yang diluar dugaan karena beberapa informan khususnya program kemitraan tidak mengetahui informasi tersebut melalui media cetak maupun elektronik melainkan melalui komunikasi antar pribadi dengan orang-orang disekitarnya. Sedangkan program corporate social responsibility yang dijalankan oleh staff corporate social responsibility sangat baik, dimana program yang dijalankan adalah program kemitraan dan bina lingkungan. Program kemitraan dan bina lingkungan sudah sesuai dengan prinsip corporate social responsibility yang berkelanjutan, akuntabel dan transparan.